Filsafat 5 Jari

Home » » Filsafat 5 Jari
sumber : wikipedia, hanivinside.net & facebook.com/permalink.serta http://uborampekehidupan.blogspot.sg

Jari tangan ialah bahagian anggota tubuh badan yang keluar dari tangan. Setiap manusia normal mempunyai lima jari tangan.
Jari dalam bahasa Inggris adalah digit (finger atau toe) merupakan suatu bagian tubuh yang berada pada tangan dan kaki baik yang kiri maupun kanan. Pada manusia normal jari berjumlah lima, yaitu:
Palce.jpg
  1. jempol atau ibu jari
  2. jari telunjuk
  3. jari tengah merupakan jari yang paling panjang di antara jari tangan ( jari hantu ...dikutif dari wikipedia.org/wiki/Jari)
  4. jari manis}
  5. jari kelingking
Jari terdiri dari beberapa ruas tulang yang diselimuti oleh daging atau otot, tidak hanya manusia saja yang memiliki jari, sebagian besar hewan juga memiliki tetapi jumlahnya tidak pasti berjumlah lima buah. Selain itu, jari juga sering digunakan sebagai alat komunikasi lewat gerak dan bentuk jari tersebut. Salah satu contoh yang sering digunakan oleh para penyandang tunawicara, mereka berkomunkasi memalui gerak-gerakan yang mengandung arti tertentu.
Terkadang cara berkomunikasi ini disalahgunakan oleh para remaja zaman sekarang, sehingga gerakan dan bentuk jari yang dilakukan mengandung arti negatif. Misalnya jari tengah yang diacungkan dan ditunjukan seseorang mengandung arti "fuck". Sedangkan gerakan dan bentuk jari yang mengandung arti positif, misalnya mengacungkan jempol; setuju; bentuk pujian, mengacungkan jari telunjuk; mengajukan diri; menunjuk seseorang dan lain-lain.


1. Jari ke-1, ada si kecil  KELINGKING

  •  disebut juga jenthik
  •  Simbol dari yang lemah dan penurut, serta pema'af.
  •  Ingatkah Anda waktu kecil? ketika kita berbaikan dengan musuh kita, pasti saling sentuh jari kelingking.
  • Pada tahap ini, manusia sedang mengalami masa-masa susah (kita tau sendiri kadang-kadang jari ini/kelingking sering digunakan untuk mengupil). Masa sulit ini harus disikapi dengan bijak, karena kefakiran dan kesusahan dapat menjadi faktor yang melemahkan iman. Sabar dan tawakal adalah kuncinya. Maka untuk dekat dengan-Nya setiap insan manusia yang merasakan kesusahan hendaknya dapat merasakannya sebagai sebuah ujian yang mengantarkan dirinya untuk lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.
  •  mewakili haji , walaupun haji biayanya sangat mahal dan mesti bayak duit kalo mau haji ( menurut ane sih ) tapi tetep aja kita ga boleh sombong, mentang" dah haji trus pasti masuk syurga, kan ya belum tentu gan .. tapi walaupun kelingkin adalah jari paling kecil, tapi tanpa kelingking telapak tangan kita ga aka lengkap 
2. Jari ke-2, Ada JARI MANIS 
  • yang selalu menjadi teladan BAIK dan SABAR, Sehingga di beri hadiah cincin.
  •  Tahapan kehidupan yang digambarkan oleh jari manis adalah sebagaimana namanya manis berarti enak, senang, nikmat, lezat, dsb. Ujian pada hamba Allah tidak selamanya berupa musibah, kesusahan, ataupun kesedihan. Allah terkadang menguji ketaatan hamba-Nya dengan kesenangan, kemewahan, dan lain-lain. Orang yang bertakwa tentunya ketika diberi cobaan ia bersabar dan ketika diberi kesenangan ia bersyukur dan lebih banyak menyebut nama-Nya. Sedangkan orang yang lemah imannya ketika diberi kenikmatan ia menjadi kufur, tidak mensyukuri dan menganggap kesenangan yang didapatkannya adalah hasil usahanya sendiri. Contoh nyata adalah Fir'aun, Qorun dan masih banyak lain orang-orang pada jaman dahulu yang mendapatkan adzab karena kufur akan nikmat-Nya.
  •   mewakili puasa, kalau pingin ngerasain manisnya iman maka perbanyak puasa ( kata guru ane ) .. buktiin aja kalau pas buka puasa. es cendol aja dah kayak apa nikmatnya


3. Jari Ke-3,  Ada si JANGKUNG JARI TENGAH 
  • yang sombong dan suka menghasyut jari telunjuk.
  • Disebut juga jari panunggul. 
  • Tahapan kehidupan manusia yang mampu melewati masa susah (tahap jari jenthik) dan masa senang (tahap jari manis) dengan tetap berpegang teguh pada ketetapan Allah swt. ia pada tahap ketiga ini berarti telah mampu menjadi pribadi yang unggul (panunggul). Kesabaran dan tawakalnya serta rasa syukurnya adalah jalan untuk mengantarkannya pada derajat yang tinggi di sisi-Nya. Di mata manusia ia juga memiliki kedudukan yang istimewa karena kepribadiannya.
  •  mewakili zakat, jari tengah adalah jari terpanjang, yang jika kita berdirikan telapak tangan kita berati jari tertinggi, Itu kata guru ane di maksudkan, bagi orang" yang suka berzakat( bersedekah ) akan mendapat derajat tertinggi di Sisi Allah ataupun manusia

4. Jari ke-4, Ada TELUNJUK 
  • yang selalu suka menunjuk dan memberi perintah.
  • Setelah sukses di tahap pertama dan kedua serta mendapatkan predikat unggul, selanjutnya "insan manusia" ini akan mendapatkan petunjuk (tahap keempat yaitu jari panunjuk). Petunjuk ini merupakan hidayah dan bimbingan dari Allah untuk menjalani kehidupan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai bagian dari dakwah. Petunjuk merupakan jalan hidup yang sesuai dengan kehendak-Nya. Petunjuk adalah kunci untuk meraih ridho-Nya menuju maghfiroh dan rahman rahim di sisi-Nya.
  •  mewakili shalat, yang maksudnya siapa saja yang menjalankan shalat ( dengan benar ) maka hidupnya akan mendapaat petunjuk

5. Jari Kelima, Ada si Gendut JEMPOL 
  • yang selalu berkata baik dan menyanjung.
  •  adalah mewakili syahadat , 
  •  mengisyaratkan bagus 
  • Tahapan kehidupan kalau kita teliti, jarak antara jari panunjuk dengan jari kelima (jempol) memiliki selisih yang lebih jauh dibanding jari-jari lainnya. Ini merupakan gambaran bahwa jempol (posisi TOP) yang harus dicapai manusia merupakan sebuah perjalanan panjang kehidupan manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifatullah fi al-Ardh. Tentunya jalan tersebut tidak serta merta didapatkan dengan mudah. Semua tahap harus dilaluinya terlebih dahulu. Tawakal dalam menjalani tahap pertama, syukur pada tahap kedua, menjadi pribadi yang mulia, dan menjalankan petunjuk-Nya yang terdapat dalan Al-Quran kesemua itu adalah jalan yang mesti ditempuh agar ketika sudah di penghujung kehidupannya (pol-polane urip) ia bisa meraih posisi yang TOP/istimewa di sisi-Nya bersandingan dengan Rasulullah saw. aamiin.....

Dengan segala perbedaan Positif dan Negatif, yang dimiliki masing masing jari mereka bersatu untuk mencapai tujuan (menulis, memegang, menolong anggota tubuh yang lain, dan menyelesaikan segala pekerjaan).

Pernahkah kita bayangkan sejenak, jika tangan kita terdiri dari JEMPOL semua?

Cukup sederhana, namun sangat berarti, kita diciptakan dengan segala perbedaan yang kita miliki, dengan tujuan untuk bersatu, saling menyayangi, saling menolong, saling membantu, saling mengisi, bukan untuk saling menuduh, merusak, bahkan membunuh.

Lalu sudahkah kasih sayang kita bertambah hari ini? Hargailah perbedaan, karena dengan segala perbedaan kita tahu warna warna kehidupan. Kita mengerti bahwa segala sesuatu yang kita inginkan tidak selalu harus menjadi milik kita.



.
Share this article :