CONTOH TEMA DAN SUB TEMA
Home »
» CONTOH TEMA DAN SUB TEMA
SUMBER : buhermin
NO
|
TEMA
|
SUB-TEMA/
SUB-SUB TEMA
|
1
|
DIRI SENDIRI
|
- identitas diri (nama, usia, jenis kelamin,nama ayah ibu, alamat rumah)
- anggota tubuh (kepala, tangan, kaki)
- cirri-ciri tubuh (warna kulit, macam rambut, bentuk badan)
- kesukaan (makanan, warna, permainan, kegiatan)
- macam indera,(mata, telinga, hidung, kulit lidah)
- fungsi indera
- macam-macam rasa (pahit, manis, asam, asin)
- macam-macam perabaan (kasar, halus, tajam, panas, dingin)
- macam pembauan (wangi, amis, busuk)
- macam suara (keras, lembut, nyaring, melengking)
- macam penglihatan (jelas, buram,jauh, dekat,silau, gelap, terang, samara)
|
2
|
LINGKUNGANKU
|
a. Keluargaku
- angota keluarga (ayah, ibu, kakak, adik, …)
- fungsi/ tugas anggota keluarga
- kebiasaan anggota keluarga (ibu menyiapkan makanan,…,sewaktu-waktu
rekreasi)
- tata tertib dalam keluarga (kesekolah pamitan)
- binatang peliharaan keluarga (sesuai keluarga masing-
masing)
b. Rumahku
- guna rumah (berteduh,melindungi dari panas, hujan, tempat istirahat,
tempat berkumpul keluarga)
- bahan untuk rumah (ijuk, bata, pasir, semen, bamboo )
- jenis rumah (rumah tinggal, kantor, istana,, tempat ibadah, rumah adapt
(joglo, panggung), tempat berobat (puskesmas, RS, poliklinik, rumah untuk
binatang)
- bagian rumah (pintu, jendela, atap,ruang tamu, garasi, kamar,kebun,…)
- alat/perkakas dalam rumah (kursi, meja, taplak, sendok,…)
- lingkungan rumah (kebun, warung, tetangga)
c. Sekolahku
- guna sekolah (untuk belajar sambil bermain)
- gedung dan halaman (kantor, kelas, perpustakaan, dapaur, wc/ kamar mandi)
- orang yang ada di sekolah (guru, kepala, TU, pesuruh,…)
- alat yang ada di sekolah (alat main indoor/out door, perabot sekolah,
obat-obatan)
- tata-tertib di sekolah( berbaris, do’a, main bergantian,…)
- lingkungan sekolah (orng dan kegiatan yang ada di li ngkungan)
|
3
|
KEBUTUHANKU
|
|
4
|
BINATANG
|
a. Jenis/macam binatang
· Binatang kesayangan(kucing…)
· Ternak(ayang,kambing,sapi)
· Liar (harimau, serigala, kancil,rusa)
· Serangga(kupu-kupu,
semut, kecoa)
b. Makanan
binatang (sapi :rumput, kelici :wortel, tikus :keju,…)
c. Tempat hidup binatang
· Air (ikan, binatang laut)
· Udara (burung)
· Tanah (cacing,semut)
d. Perkembangbiakan binatang
· Mulai telur sampai anak,……
e. Bahaya binatang
· Mencakar, menggigit
f. Ciri-ciri binatang
· Kaki dua, bertanduk,…..
g. Kegunaan binatang
· Ayam dimakan dagingnya, sapi membajak sawah, cacing menyuburkan
tanah
|
5
|
TANAMAN
|
- pohon (cemara, pisang, mangga)
- perdu /semak (cabe,tomat, terong)
- rumput,lumut (alang-alang)
- yang dimakan (buah-buahan, sayuran beras
- untuk hiasan (tanaman hias)
- dengan biji (jagung, kacang)
- dengan batang (singkong, bunga mawar)
- dengan daun (cocor bebek)
- dengan tunas/anak (pohon pisang)
- disiram, dipupuk, dibersihkan
- akar, batang, daun, bunga
|
6
|
REKREASI
|
a. Kegunaan rekreasi (bersenang-senang,
b. Tempat-tempat rekreasi
c. Perlengkapan rekreasi (makan, tikar, ban renang…)
d. Tata tertib rekreasi (tidak boleh coret batu, tidak
mencabut bunga)
|
7
|
PEKERJAAN
|
- guru, dokter,polisi, sopir, pak pos, tukang
sayur,…
- Pak pos mengantar surat, dokter menolong orang sakit
-
pegawai di kanto, dokter di rs
- Dokter perlengkapannya stetoskop, petani-
cangkul,….
|
8
|
AIR,UDARA DAN API
|
|
9
|
ALAT KOMUNIKASI
|
|
10
|
TANAH AIRKU
|
j. Kota tempat tinggalku
|
11
|
ALAM SEMESTA
|
|
Semoga bermanfaat
0 komentar:
Post a Comment