Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat (40978)

Home » » Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat (40978)

Effect Of Leadership Style And Organizational Climate To Staff Performance Of Office Religious Ministry District West Lombok
H. Ridwan
Universitas Terbuka - 2013
creative pdf Fulltext
Abstrak
Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh komponen gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja staf serta variabel yang mempunyai pengaruh dominan atas kinerja staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. Diharapkan ada dasar pengelolaan kepemimpinan dan iklim organisasi dalam menciptakan kinerja staf di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan angket dijadikan dasar untuk menghasilkan model atau persamaan regresi, terlebih dahulu dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas indikator setiap variabel laten. Model yang dihasilkan
dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan setelah melalui uji asumsi klasik dan uji signifikansi. Temuan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari komponen gaya kepemimpinan berupa terapan perilaku hubungan dan perilaku tugas serta iklim organisasi berupa kondisi lingkungan fisik, lingkungan sosial dan sistem manajemen terhadap kinerja staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat. Komponen yang memberikan pengaruh dominan terhadap kinerja staf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat adalah perilaku hubungan yang diterapkan oleh pimpinan pada setiap lini di organisasi terkait. Maknanya perubahan yang paling cepat terhadap kinerja staf dapat dilakukan dengan perubahan dalam memperhatikan bawahan, seperti hubungan bersahabat, memperhatikan keluhan dan saran, memberikan perhatian pada kesejahteraan serta bersifat terbuka atas inovasi dan meminta saran dalam pengambilan keputusan. Saran yang dapat diberikan adalah bagi pimpinan untuk melakukan pembelajaran dalam meningkatkan intensitas menuju aspek yang disenangi oleh bawahan dalam kaitannya dengan hubungan dan pekerjaan perlu terus digali. Staf di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat menerima kritik, menerima bekerja kapasitas penuh, termasuk menerima hasil kerja yang direncanakan oleh pimpinan. Aspek ini dapat diperkuat dengan penerapan yang mengacu pada harmonisasi hubungan antara bawahan dan pimpinan.
Kata Kunci :Transformational Leadership, Organizational Climate and Staff Performance, Kepemimpinan Transformational, Iklim Organisasi dan Kinerja Staff.
utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
.
Share this article :