Belajar Menjahit Membuat baju sackdress

Home » » Belajar Menjahit Membuat baju sackdress
Sackdress adalah model baju yang diminati di tahun 60 dan 70-an, begitu simpel dan sederhana tapi sekaligus feminin dan elegan, karena saat itu dunia baru bangkit dari kepedihan Perang Dunia kedua. 

Di Indonesia, sackdress sebenarnya sama populer dengan sebutan daster, cuma daster dibuat dari bahan yang tipis dan nyaman, jadi cocok untuk di rumah atau untuk tidur. 

Kalau sackdress dibuat dari macam-macam bahan sehingga bisa juga dipakai untuk keluar rumah. dan sekarang sackdress kembali "in" kembali populer kembali di abad 21 ini (taelaaa).  


Saya mau bikin baju ini, karena saya sering menghadiri acara  dengan lembaga pemerintah atau LSM. Kalau memakai blus batik terus, kayaknya bosan juga. Sekali-sekali ingin tampil feminin dan tentu saja tampil beda. 

Polanya sederhana dan mudah dibuat. Tetapi tunggu dulu ya. Pola yang ada di samping ini merupakan pola yang sudah dimodifikasi. 

Jadi seharusnya ada pola dasar sesuai dengan badan kita masing-masing. Namun, berhubung kesibukan saya, lah, kok yang pertama saya selesaikan justru bagian ini. 

Pola dasarnya nanti disusul ya. Untuk sekarang, silahkan menikmati dan membayangkan dulu pola dan model baju sackdress ini.

Saya sudah buat pola sackdress sesuai dengan petunjuk dari majalah ini, tetapi sepertinya tidak pas dengan ukuran badan saya. Gak ngerti kenapa. Lubang lengannya terlalu kecil untuk lengan saya. Jadi kayaknya saya mesti modifikasi lagi. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sackdress ini adalah 2.3 yards, setara dengan 2,5 meter dengan lebar 36 inci atau setara dengan 1,5 meter. 

Sleeve Length = Panjang lengan baju
Zipper Closing = Batas restleting
Fold = batas lipatan
Front = sisi bagian depan
Back = sisi bagian belakang
same as the basic pattern = sama dengan pola dasar
except the neck opening = kecuali bagian bukaan leher
.
Share this article :