istilah –istilah dasar penelitian keperawatan

Home » » istilah –istilah dasar penelitian keperawatan
ORANG-ORANG DALAM PENELITIAN:



Peneliti, Subyek, informan dan responden.

Di dalam penelitian  yang melibatkan orang terdapat 2 pihak, yaitu manusia yang melakukan penelitian (disebut peneliti atau investigator) dan orang yang memberikan informasi.



Pemberi informasi pada penelitian kuantitatif disebut subyek  atau peserta penelitian,  sedang responden digunakan untuk menyebut subyek yang memberikan informasi kepada peneliti dengan memberikan jawaban langsung terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peneliti, misalnya menggunakan kuesioner.



Istilah ‘subyek’ pada penelitian kuantitatif mengandung makna seseorang bersifat pasif.



Sedangkan pada penelitian kualitatif  seseorang yang terlibat pada penelitian bersifat lebih aktif karenanya disebut informan.



Jika penelitian dilakukan oleh beberapa orang dalam suatu tim, maka orang penting yang mengarahkan penelitian disebut peneliti utama atau project director atau principal investigator.





Proses-proses dalam penelitian keperawatan:



Konseptualisasi adalah proses pengembangan dan men-saripati-kan gagasan abstrak, gagasan tidak konkret ke dalam unsur-unsur yang manifest dalam bentuk perilaku dan ciri-ciri.



Contoh: sakit adalah gagasan abstrak, sehat adalah gagasan abstrak. Sakit adalah konsep,sehat adalah konsep.



Proses konseptualisasi gagasan abstrak tersebut menghasilkan definisi sakit, ciri-ciri sakit, dan seterusnya.





UNSUR-UNSUR DALAM PENELITIAN :



Peneliti penelitian kualitatif sering menyebut konsep sebagai fenomena atau topik.



Konstruk adalah suatu abstraksi atau representasi yang disimpulkan dari situasi, kejadian, atau perilaku. Konstruk dan konsep sering disamakan tetapi kebanyakan konstruk menunjuk kepada suatu abstraksi yang sedikit lebih rumit daripada konsep.



Teori digunakan bermacam-macam. Dikelas istilah teori digunakan untuk menunjuk pada isi ajaran dikelas, lawan dari praktek yang merupakan isi ajaran secara praktek yang merupakan pelaksanaan sesungguhnya secara demonstratif.



Teori dalam penggunaan ilmiah digunakan untuk menunjuk suatu abstraksi atau generalisasi.



Jadi teori merupakan penjelasan yang sistematis dan abstrak terhadap beberapa aspek dari suatu kenyataan dan teori mampu menjelaskannya.



Konsep-konsep dijalin menjadi suatu teori.



Model  konseptual atau kerangka konseptual atau skema konseptual merupakan frase yang dapat dipertukarkan. Model konseptual adalah konsep-konsep atau abstraksi yang saling berhubungan  yang dirangkai bersama menjadi suatu skema yang secara logis terdapat relevansi terhadap suatu tema yang sama.



Variabel adalah sesuatu yang bervariasi. Misalnya suhu badan, jumlah penduduk.

Suhu badan merupakan variabel kontinu karenanya angkanya merupakan rentang dan angkanya merupakan angka infinit, misalnya 37, 78oC . Di antara angka 37 dan 38 terdapat beberapa kemungkinan nilai yang tidak terbatas.



Sedang jumlah penduduk merupakan variabel diskrit  karea angkanya merupakan angka yang pasti 1 orang, 4 orang dst.2.345.677 orang. Di antara angka 3 orang dan 5 orang terdapat hanya satu angka yang pasti yaitu 4 .



Independen Variabel (variabel bebas) adalah variabel yang diyakini menyebabkan atau mempengaruhi variable dependen (variabel terikat), dimana variabel terikat dihipotesiskan tergantung atau disebabkan oleh variabel lainnya.



Data (jamak, tunggal=datum) merupakan pecahan-pecahan informasi yang diperoleh pada kegiatan investigasi. Pada penelitian kuantitatif peneliti terutama menginvestigasi data data kuantitatif yaitu informasi dalam bentuk numerik, sedangkan pada penelitian kualitatif peneliti terutama mengumpulkan data kualitatif yang biasanya dalam bentuk naratif


Compiled by : zp
from offline sources.

At Malang town.
.
Share this article :