Tata Motors Kembangkan Air Sebagai Bahan Bakar!

Home » » Tata Motors Kembangkan Air Sebagai Bahan Bakar!



India - Produsen mobil murah, Tata Motors kembali membuat kejutan. Pabrikan asal India ini memiliki proyek baru, setelah membuat dan memasarkan mobil super murah kini Tata Motors berniat mengembangkan bahan bakar air!

Ratan Tata yang juga pemilik Tata Motors telah mendanai proyek riset bahan bakar air yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dana yang digelontorkan mencapai 15 Juta US Dolar (Rp 134 Milyar).


Tujuan dari proyek ini adalah untuk meneliti cara-cara baru penggunaan hidrogen dalam air sebagai pengganti bahan bakar. Menciptakan sebuah pemisah hidrogen dari air yang kemudian disimpan dan digunakan sebagai bahan bakar mobil.


Seperti dirilis dari Sify.com, Tata dan Daniel Nocera, profesor di MIT akan segera membangun pusat penelitian untuk menguji semua teknologi yang dibuat.


Kalau memang teknologi ini benar-benar terwujud, Tata benar-benar akan mewujudkan mimpi banyak orang. Air memang memiliki unsur hidrogen di dalamnya, hanya saja untuk memisahkannya dan menjadikan hidrogen sebagai bahan bakar yang aman masih menjadi tanda tanya sampai saat ini.


Selain emisi kendaraan menjadi hilang sama sekali, teknologi ini juga akan menekan penggunaan bahan bakar fosil yang berasal dari minyak bumi. Biaya operasional kendaraan pun akan menjadi lebih murah.
(mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Popo | Teks Editor : Popo | Foto : Tata Motors
.
Share this article :