Analisis Manajemen Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMKN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara (40990)
Home »
SKRIPSI EKONOMI
» Analisis Manajemen Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMKN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara (40990)
- Kategori: Tesis (TAPM)
Sawaludin
Universitas Terbuka - 2013
Fulltext
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas
pelayanan pendidikan di SMK Negeri 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara.
Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Digunakannya metode
kualitatif, maka penelitian ini disebut penelitian kualitatif. Metode
analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Prosedur analisis
data atau langkah melakukan analisis data pada penelitian ini adalah
sebagai berikut : 1. Pengumpulan data → 2. Transkrip data → 3. Pembuatan
koding → 4. Kategorisasi data → 5. Penyimpulan sementara → 6.
Triangulasi → 7. Penyimpulan akhir. Temuan penelitian dapat diungkapkan
sebagai berikut; 1. Perencanaan, komite sekolah tidak memiliki program
tertulis jadi kegiatan tidak direncanakan. Komite tidak memiliki program
perencanaan teranalisis terhadap kualitas pelayanan, 2.
Pengorganisasian, Komite sekolah belum mampu mengoorganisasikan ;
potensi sumber daya pendidikan dalam masyarakat secara maksimal,
anggaran secara maksimal terbatas pada anggaran yang bersumber dari
orang tua wali siswa, mobilisasi tenaga kependidikan non guru,
pemantauan kondisi sarana dan prasarana, pemantauan kondisi anggaran
pendidikan, Komite belum memiliki pengorganisasian dalam kualitas
pelayanan, 3. Pelaksanaan, Penggerakan dilaksanakan oleh komite belum
maksimal ; dibagian kurikulum tidak penuh memberikan masukan terhadap
proses pengelolaan (manajemen) pendidikan, mensosialisasikan kebijakan
dan program sekolah kepada masyarakat, menampung pengaduan dan keluhan
terhadap kebijakan dan program sekolah. Komite belum maksimal melakukan
penggerakan terhadap kualitas pelayanan, 4. Pengawasan/Kontrol, oleh
komite belum maksimal terhadap ; proses pengambilan keputusan di
sekolah, Mengontrol kualitas kebijakan di sekolah, proses perencanaan
pendidikan disekolah , kualitas perencanaan sekolah, memantau organisasi
sekolah, memantau penjadwalan program sekolah, memantau alokasi
anggaran untuk pelaksanaan program sekolah, memantau hasil ujian akhir.
Komite melakukan pengawasan/kontrol belum maksimal terhadap kualitas
pelayanan. Kualitas pelayanan pendidikan di SMKN 1 Tanjung yang dimaksud
adalah dari lima dimensi (Tangibel /berwujud, Reliability/keandalan,
Responsiveness/keresponsifan. Assurance /jaminan, Empathy/empati).
Penelitian ini menyimpulkan manajemen komite sekolah dalam meningkatkan
kualitas pelayanan pendidikan di SMKN 1 Tanjung dari lima dimensi
(Tangibel /berwujud, Reliability/keandalan,
Responsiveness/keresponsifan. Assurance /jaminan, Empathy/empati) belum
maksimal dalam memberikan layanan prima atau layanan terbaik.
Rekomendasi : 1. Kepada Komite Sekolah dan stake-kholder berbagai ukuran
efisiensi dan optimasi dalam manajemen pendidikan perlu dipantau dan
dievaluasi secara terus-menerus dan dalam waktu yang teratur. 2. Kepada
pengelola sekolah sebelum menerima siswa dimohon menyiapkan fasilitas
yang cukup dan teranalisis siap.
Kata Kunci :Management of the School Committee, Quality Education
Services, Manajemen Komite Sekolah, Kualitas Pelayanan PendidikanKoleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
0 komentar:
Post a Comment