Analisis Manajemen Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMKN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara (40990)

Home » » Analisis Manajemen Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan di SMKN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara (40990)

Analysis Of the School Committee to Enhance Management Quality of Education Services at Vocational School 1 Of Tanjung District at Nort Lombok
Sawaludin
Universitas Terbuka - 2013
creative pdf Fulltext
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMK Negeri 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Digunakannya metode kualitatif, maka penelitian ini disebut penelitian kualitatif. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Prosedur analisis data atau langkah melakukan analisis data pada penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Pengumpulan data → 2. Transkrip data → 3. Pembuatan koding → 4. Kategorisasi data → 5. Penyimpulan sementara → 6. Triangulasi → 7. Penyimpulan akhir. Temuan penelitian dapat diungkapkan sebagai berikut; 1. Perencanaan, komite sekolah tidak memiliki program tertulis jadi kegiatan tidak direncanakan. Komite tidak memiliki program perencanaan teranalisis terhadap kualitas pelayanan, 2. Pengorganisasian, Komite sekolah belum mampu mengoorganisasikan ; potensi sumber daya pendidikan dalam masyarakat secara maksimal, anggaran secara maksimal terbatas pada anggaran yang bersumber dari orang tua wali siswa, mobilisasi tenaga kependidikan non guru, pemantauan kondisi sarana dan prasarana, pemantauan kondisi anggaran pendidikan, Komite belum memiliki pengorganisasian dalam kualitas pelayanan, 3. Pelaksanaan, Penggerakan dilaksanakan oleh komite belum maksimal ; dibagian kurikulum tidak penuh memberikan masukan terhadap proses pengelolaan (manajemen) pendidikan, mensosialisasikan kebijakan dan program sekolah kepada masyarakat, menampung pengaduan dan keluhan terhadap kebijakan dan program sekolah. Komite belum maksimal melakukan penggerakan terhadap kualitas pelayanan, 4. Pengawasan/Kontrol, oleh komite belum maksimal terhadap ; proses pengambilan keputusan di sekolah, Mengontrol kualitas kebijakan di sekolah, proses perencanaan pendidikan disekolah , kualitas perencanaan sekolah, memantau organisasi sekolah, memantau penjadwalan program sekolah, memantau alokasi anggaran untuk pelaksanaan program sekolah, memantau hasil ujian akhir. Komite melakukan pengawasan/kontrol belum maksimal terhadap kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan pendidikan di SMKN 1 Tanjung yang dimaksud adalah dari lima dimensi (Tangibel /berwujud, Reliability/keandalan, Responsiveness/keresponsifan. Assurance /jaminan, Empathy/empati). Penelitian ini menyimpulkan manajemen komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di SMKN 1 Tanjung dari lima dimensi (Tangibel /berwujud, Reliability/keandalan, Responsiveness/keresponsifan. Assurance /jaminan, Empathy/empati) belum maksimal dalam memberikan layanan prima atau layanan terbaik. Rekomendasi : 1. Kepada Komite Sekolah dan stake-kholder berbagai ukuran efisiensi dan optimasi dalam manajemen pendidikan perlu dipantau dan dievaluasi secara terus-menerus dan dalam waktu yang teratur. 2. Kepada pengelola sekolah sebelum menerima siswa dimohon menyiapkan fasilitas yang cukup dan teranalisis siap.
Kata Kunci :Management of the School Committee, Quality Education Services, Manajemen Komite Sekolah, Kualitas Pelayanan Pendidikan
utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
.
Share this article :