Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kinerja Rumah Sakit Belitung Timur Dengan Metode Servqual (41013)
Home »
SKRIPSI EKONOMI
» Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kinerja Rumah Sakit Belitung Timur Dengan Metode Servqual (41013)
- Kategori: Tesis (TAPM)
Analysis of Patient Satisfaction for Performance Belitung Timur Hospital Using Servqual Method
Irina Purwaningrum Universitas Terbuka - 2013
Fulltext
Abstrak
Dalam pemenuhan mutu layanan Rumah Sakit
dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, harus terdapat standar
mutu yang harus ditetapkan. Hal ini untuk menghadapi persaingan industry
di dunia kesehatan sehingga Rumah Sakit harus memberikan pelayanan yang
baik terhadap pelanggan sehingga terbentuknya kepuasan pelanggan. Dalam
mengukur kepuasan pelanggan maka dilakukan penelitian dengan
menggunakan Metode Servqual. Metode Servqual adalah metode pengukuran
tingkat kepuasan dengan cara membandingkan antara fakta dan kenyataan.
Penelitian ini dilakukan pada 196 pasien yang rawat inap dengan populasi
selama satu bulan. Sebagai alat ukurnya yaitu Metodel Servqual yang
meliputi beberapa atribut yaitu Tangibel, Reliability, Responsivness,
Assurance dan Empaty. Setiap atribut terdapat terdapat angka kepuasan
pasien berupa persepsi dan harapan. Dari hasil penelitian ini didapatkan
didapat tingkat kepuasan pasien sebesar 77,76%. Kualitas jasa yang
terdapat di Rumah Sakit terbukti berbeda secara nyata dengan harapan
konsumen, dimana konsumen memiliki urutan prioritas yaitu dimensi
Responsivness, Assurance, Reliability, Empaty dan Tangibel. Rumah Sakit
mengharapkan urutan Assurance, Reliability, Tangibel, Responsivness dan
Empaty. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Rumah
Sakit Belitung Timur untuk menyusun strategi dalam upaya meningkatkan
mutu layanan dan Metode Servqual dapat sebagai alat ukurnya.
Kata Kunci : Jasa, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, metode
servqual,services, service quality, customer satisfaction, servqual
methodKoleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
0 komentar:
Post a Comment