Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs IPA Tahun Pelajaran 2011/2012
Home »
KISi kisi
,
PENDIDIKAN
,
SILAbus
» Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs IPA Tahun Pelajaran 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs IPA Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik link dibawah
1. ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1. | Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. |
2. | Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. |
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. | ||
3. | Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. | Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. |
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. | ||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. | ||
4. | Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. | Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. |
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. | ||
5. | Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. |
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. | ||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. | ||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. | ||
6. | Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya. | Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari. |
7 | Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari. | Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. |
8. | Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya. | Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan. |
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. | ||
9. | Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. | Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya. |
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia. | ||
10. | Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. | Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. |
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. | ||
11. | Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. | Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. |
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. | ||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus. | ||
12. | Menjelaskan sistem organ pada manusia. | Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. |
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan. | ||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya. | ||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. | ||
13. | Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan | Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan. |
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar. | ||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut. | ||
14. | Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. | Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan padamakhluk hidup. |
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. | ||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel. | ||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia. |
Download Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs IPA Tahun 2012 dalam file .doc silahkan klik disini
—————————————————
Sumber : BSNP
Sumber : BSNP
Tulisan Terkait :
- Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs Matematika Tahun Pelajaran 2011/2012
- Kisi-kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs Bahasa Inggris Tahun Pelajaran 2011/2012
- Kisi-Kisi (SKL) Ujian Nasional SMP/MTs Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2011/2012
sumber : gusschool.wordpress.com
0 komentar:
Post a Comment