Komitmen Organisasi, Kepemimpinan dan Produktivitas Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Dinas pendapatan Kota Batam (40995)

Home » » Komitmen Organisasi, Kepemimpinan dan Produktivitas Kerja Sebagai Prediktor Terhadap Tingkat Kepuasan Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Layanan Dinas pendapatan Kota Batam (40995)

The Organizational Commitment, Leadership, and Work Productivity as A Predictor Of The Level of Job Satisfaction and The Impact On The Service Quality Of  Revenue Department of Kota Batam.
Januar Arif Kurniawan
Universitas Terbuka - 2013
creative pdf Fulltext
Abstrak
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis : 1) pengaruh komitmen organisasi, kepemimpinan dan produktivitas kerja terhadap tingkat kepuasan kerja; 2) pengaruh komitmen organisasi, kepemimpinan dan produktivitas kerja terhadap kualitas layanan; 3) pengaruh tingkat kepuasan kerja terhadap kualitas layanan pada Dinas Pendapatan Kota Batam. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik judgemental (purposive). Dari jumlah populasi yang ada yang memenuhi syarat untuk dijadikan sampel sebanyak 130 responden. Dikaji dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena melalui pengujian hipotesis. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Perangkat lunak yang digunakan untuk analisis structural adalah AMOS 20 dan dari Arbuckle dan untuk analisis deskriptif menggunakan SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik diperoleh setelah diadakan modifikasi model sebanyak dua kali, yaitu dengan mengkorelasikan beberapa error indikator yang memiliki Modifikasi Indeks (M.I) > 15,00 dan tidak mengikut sertakan indikator yang memiliki loading factor (λ) < 0,7000. Model persamaan struktural hasil modifikasi dinyatakan baik, karena telah memenuhi satu kriteria dari delapan cut of value, yaitu kriteria, Relative chi-square.
Kata Kunci : Kepemimpinan, kepuasan kerja, komitmen organisasi, kualitas layanan, produktivitas kerja,Leadership, Job Satisfaction, Organization Commitment, Service Quality, Work Productivity.
utcc Koleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
.
Share this article :