Pengawasan Administrasi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri di Kabupaten Sintang (40957)
Home »
SKRIPSI EKONOMI
» Pengawasan Administrasi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri di Kabupaten Sintang (40957)
- Kategori: Tesis (TAPM)
Elisabeth Rafika
Universitas Terbuka - 2013
Fulltext
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk
mendeskripsikan bagaimana peranan pengawasan terhadap administrasi
penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Menengah
Pertama Negeri di Kabupaten Sintang, Variabel yang dipergunakan dalam
penelitian ini adalah pertama variabel pengawasan, yang meliputi tujuan
pengawasan, faktor-faktor pendukung pengawasan, asas pengawasan, sifat
dan waktu pengawasan, monitoring serta evaluasi. Kedua, variabel
administrasi penyaluran, meliputi waktu penyaluran tahap pertama,
penyaluran tahap kedua, serta penyaluran setiap triwulan. Metode yang
dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.
Subjek penelitian terdiri dari 1 (satu) orang tim manajemen BOS di
Kabupaten Sintang dan 2 (dua) orang Kepala Sekolah Menegah Pertama
Negeri di Kabupaten Sintang 2 (dua) orang guru dan 2 (dua) orang Komite
Sekolah dari masing-masing SMP. Pengumpulan data dilakukan melalui studi
kepustakaan dan wawancara untuk selanjutnya data dianalisis. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pengawasan BOS di Kabupaten Sintang
memberikan dampak yang besar dalam penyaluran dana BOS khususnya dan
program BOS pada umumnya. Hasil analisa menunjukan terhadap pengawasan
dana BOS di Kabupaten Sintang diperoleh kesimpulan bahwa pengawasan
sangat berperan dalam kelancaran penyaluran dana BOS ke sekolah
penerima, disisi lain kemampuan SDM dalam mengadministrasikan atau
mengelola dana BOS, serta kondisi geografis sangat berpengaruh terhadap
kelancaran penyaluran dana BOS di Kabupaten Sintang.
Kata Kunci : controlling, administrative, School Operational Fund (BOS), Pengawasan, Administrasi, Dana BOSKoleksi Perpustakaan Universitas Terbuka
0 komentar:
Post a Comment