PROFIL SBI

Jl. Raya Cimerang No. 24, Desa Cimerang - Padalarang - Bandung Barat - Indonesia. YAYASAN PENDIDIKAN MANAJEMEN INSIDI (Ypemain) >>Notaris : R. Sabar Partakoesoema, SH., MH. No. 17,- tanggal 15 Juli 2007-No.rek.Bank BRI :3682-01-001874-53-0, a.n. Iwanudin, ST., S.Pd. Cs : DIWAN - e-mail = bundaliainsidi@gmail.com by diwan masagi. JADWAL LES/PRIVAT/PELATIHAN/BIMBINGAN : BANDUNG (KAMIS - SABTU) DAN SUKABUMI (Minggu - Rabu) telp. 082121400809
LCD Text Generator at TextSpace.net

Wednesday, January 4, 2012

Filled Under:

Emisi Gas Buang - EURO 1 - 6

sumber : KASKUS

Sering kita mendengar istilah Euro sebagai standar emisi gas buang, bahkan kadang pada kendaraan komersial (BUS & TRUCK) ada tulisan EURO1, EURO 2, EURO3, EURO4, EURO5 dan EURO6. .

Quote:
Spoiler for Euro1:


Spoiler for Euro2:


Spoiler for Euro3:


EURO adalah standar emisi gas buang di Eropa dan memang menjadi standarisasi untuk dunia. Di Eropa standarnya udah sampai EURO 5......

Orang awam kadang menyangka kalau EURO itu sama dengan kemampuan mesin dan fasilitas di dalam bis.
bahkan para penawar jasa a.k.a.Calo, akan menawarkan bus dengan standar Euro kepada penumpang karena mereka kira bus dengan tulisan Euro tersebut merupakan Bus yang sangat NYAMAN. ...



Quote:
"pake bus ini aja Pak..... Bis nya sudah YURO lhooooo.... "

(sambil nunjukin tulisan EURO yang ada di depan Bus)


Regulasi emisi gas buang di eropa untuk kendaraan berat bermesin diesel disebut dengan istilah Euro I...V, terkadang menggunakan angka numerik Arab (Euro 1...5).
Komite eropa menggunakan numerik Romawi ketika menampilkan standar untuk kendaraan berat, dan numerik Arab untuk kendaraan ringan. Hal ini disesuaikan dengan amandemen yang telah mereka buat bahwa untuk kategori kendaran berat mempunyai bobot lebih dari 3.500 kg yang dilengkapi dengan mesin dengan pembakaran berkompresi atau pembakaran gas alami ataupun LPG.
- Euro I diperkenalkan tahun 1992,
- Dilanjutkan dengan Euro II ditahun 1996 dengan tujuan diaplikasikan untuk kendaran truck dan bus.
- Pada tahun 2000 komite eropa memperkenalkan lagi Euro III yang ditindaklanjuti dengan
- Euro IV di tahun 2005.
- Tahun 2008 kembali lagi mereka sebagai voluntir Euro V dengan pembatasan kadar emisi gas buang ekstra rendah untuk kendaraan, yang lebih dikenal dengan "emisi ramah lingkungan". ----


Berikut adalah tabel standar Euro

Quote:
Tabel Emisi Standar Euro
Spoiler for Tabel Emisi Standar Euro:
Quote:
Indonesia masih memberlakukan ketentuan standar Euro2 berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang efektif berlaku sejak 2007.
Quote:
tapi sayang Kualitas Bahan Bakar tidak mendukung untuk standar emisi EURO 3 - 6, bagaimana mungkin mobil sudah memenuhi Euro4, sementara kualitas bahan bakar minyak di Indonesia masih memenuhi spesifikasi Euro2. disamping itu pendukung utamanya selain bahan bakar juga ada fasilitas uji emisi yang memadai.
Quote:
Uji Emisi
Spoiler for Uji Emisi :
Quote:
Standarisasi Euro dilakukan secara berjangka, dan dengan sistem yang ketat untuk menekan emisi gas buang yang berbahaya.
Quote:
Inilah kepedulian manusia untuk mengurangi pemanasan global, jadi pemanasan global bukan hanya karena pembabatan hutan saja, akan tetapi emisi gas buang kendaraan juga memiliki andil dalam percepatan pemanasan global. Dan wujud kepedulian itu tertuang dalam usaha MENEKAN gas buang kendaraan.

Semenjak pemanasan global meningkat sangat tajam dimana sumber pengaruh utama berasal dari pemanfaatan energy sumber daya fosil sebagai contoh adalah kendaraan bermotor.
Lalu kenapa pula kendaraan bermotor bisa menimbulkan emisi gas buang?

Kendaraan menghasilkan dua macam bentuk racun, yang terlihat oleh mata dan yang tak terlihat oleh mata.

Yang terlihat oleh mata adalah PM (particulate matter) yaitu jelaga, asap hitam, tar, dan Hidrokarbon yang tidak terbakar.

Sedang untuk yang tak terlihat oleh mata adalah Nox (nitrogen oksida), CO (Carbon Monoksida) dan HC (Hidrokarbon) , walaupun tak terlihat biasanya indera kita bisa merasakan kalau kadar nya terlalu tinggi yaitu mata perih dan menjadi berlinang air mata.

Lalu kenapa sih kok bisa seperti itu?

Quote:
Jika suhu dalam ruang bakar terlalu rendah maka jumlah PM nya akan meningkat dan jika suhu terlalu tinggi maka NOx nya yang akan meningkat.

Dalam mesin diesel, formasi unsur NOx sangat dipengaruhi oleh peningkatan suhu dalam ruang bakar. Maka daripada itu, penting dilakukan menjaga tingkat temperature ruang bakar pada posisi tertentu. Cara mudah untuk mengurangi kadar NOx adalah memperlambat timing semprotan bahan bakar, akan tetapi hal tersebut malah mengakibatkan borosnya bahan bakar sebesar 10-15%.

Lalu bagaimana caranya supaya PM nya rendah dan NOx nya juga rendah dengan tidak mengorbankan kemampuan mesin, lebih ekonomis bahan bakar dan lebih ramah kepada lingkungan?

Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan efisiensi pembakaran banyak macamnya yaitu dengan menggunakan bantuan computer, mengatur kesesuaian semprotan bahan bakar dan udara, menggunakan teknologi common rail dimana menggunakan tekanan yang sangat tinggi dan kesesuaian timing injeksi pada setiap putaran mesin, kepala silinder bermulti-klep dan lain-lain.
Quote:
Mesin
Spoiler for Mesin Diesel Bus:
Quote:
Untuk memenuhi standar gas buang euro2, saat ini di Indonesia banyak kendaraan komersil yang menggunakan teknologi turbo-intercooler dan dilengkapi catalyst.
bonanza063 is offline   QUOTE

  #2

Lalu apa hubungannya?


Turbo


Turbo bekerja pada rpm tinggi. Pada mesin normally aspirated keadaan ini dimana silinder membutuhkan udara yang banyak sehingga bahan bakar juga semakin boros dan menhasilkan NOx yang tinggi. Pada mesin turbo, saat piston bergerak cepat menghasilkan gas exhaust bertekanan. Tekanan tersebut dimanfaatkan untuk memutar turbin pada rumah turbo dan menghisap udara masuk ke ruang silinder menjadi lebih efisien sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien dengan peningkatan tenaga yang cukup signifikan.

Quote:
Turbo 1
Spoiler for Turbo:


Turbo 2
Spoiler for Turbo:

turbo 3
Spoiler for Turbo:

Intercooler


Udara tekanan tinggi dari turbo masuk ke dalam intercooler untuk diturunkan temperaturnya, baru kemudian masuk kedalam ruang bakar. Udara dingin dengan densitas lebih tinggi akan meningkatkan efisensi pembakaran dan mengurangi kadar NOx.

Quote:
Intercooler
Spoiler for Intercooler:


Intercooler
Spoiler for Intercooler:
Oxydation Catalyst

Alat ini berfungsi mereduksi jumlah PM yang keluar dari silinder dengan merubah zat beracun menjadi zat tidak beracun dengan mengubahnya secara kimia oleh katalis yang terinstall dalam knalpot sebelum dibuang / dilepas ke udara.

Quote:
Oxydation Catalyst
Spoiler for Oxydation Catalyst:


Oxydation Catalyst
Spoiler for Oxydation Catalyst:
Sumber:





0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...