Emisi Gas Buang - EURO 1 - 6
Home »
AUTOMOTIVE
» Emisi Gas Buang - EURO 1 - 6
sumber : KASKUS Sering kita mendengar istilah Euro sebagai standar emisi gas buang, bahkan kadang pada kendaraan komersial (BUS & TRUCK) ada tulisan EURO1, EURO 2, EURO3, EURO4, EURO5 dan EURO6. . Quote:
EURO adalah standar emisi gas buang di Eropa dan memang menjadi standarisasi untuk dunia. Di Eropa standarnya udah sampai EURO 5...... Orang awam kadang menyangka kalau EURO itu sama dengan kemampuan mesin dan fasilitas di dalam bis. bahkan para penawar jasa a.k.a.Calo, akan menawarkan bus dengan standar Euro kepada penumpang karena mereka kira bus dengan tulisan Euro tersebut merupakan Bus yang sangat NYAMAN. ... Quote:
Regulasi emisi gas buang di eropa untuk kendaraan berat bermesin diesel disebut dengan istilah Euro I...V, terkadang menggunakan angka numerik Arab (Euro 1...5). Komite eropa menggunakan numerik Romawi ketika menampilkan standar untuk kendaraan berat, dan numerik Arab untuk kendaraan ringan. Hal ini disesuaikan dengan amandemen yang telah mereka buat bahwa untuk kategori kendaran berat mempunyai bobot lebih dari 3.500 kg yang dilengkapi dengan mesin dengan pembakaran berkompresi atau pembakaran gas alami ataupun LPG. - Euro I diperkenalkan tahun 1992, - Dilanjutkan dengan Euro II ditahun 1996 dengan tujuan diaplikasikan untuk kendaran truck dan bus. - Pada tahun 2000 komite eropa memperkenalkan lagi Euro III yang ditindaklanjuti dengan - Euro IV di tahun 2005. - Tahun 2008 kembali lagi mereka sebagai voluntir Euro V dengan pembatasan kadar emisi gas buang ekstra rendah untuk kendaraan, yang lebih dikenal dengan "emisi ramah lingkungan". ---- Berikut adalah tabel standar Euro Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Kendaraan menghasilkan dua macam bentuk racun, yang terlihat oleh mata dan yang tak terlihat oleh mata. Yang terlihat oleh mata adalah PM (particulate matter) yaitu jelaga, asap hitam, tar, dan Hidrokarbon yang tidak terbakar. Sedang untuk yang tak terlihat oleh mata adalah Nox (nitrogen oksida), CO (Carbon Monoksida) dan HC (Hidrokarbon) , walaupun tak terlihat biasanya indera kita bisa merasakan kalau kadar nya terlalu tinggi yaitu mata perih dan menjadi berlinang air mata. Lalu kenapa sih kok bisa seperti itu? Quote:
Quote:
Quote:
| |||||||||||
QUOTE |
KaskusAd - Create an KasAD / Buat Iklan KasAD |
#2 | ||||
Lalu apa hubungannya? Turbo Turbo bekerja pada rpm tinggi. Pada mesin normally aspirated keadaan ini dimana silinder membutuhkan udara yang banyak sehingga bahan bakar juga semakin boros dan menhasilkan NOx yang tinggi. Pada mesin turbo, saat piston bergerak cepat menghasilkan gas exhaust bertekanan. Tekanan tersebut dimanfaatkan untuk memutar turbin pada rumah turbo dan menghisap udara masuk ke ruang silinder menjadi lebih efisien sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien dengan peningkatan tenaga yang cukup signifikan. Quote:
Intercooler Udara tekanan tinggi dari turbo masuk ke dalam intercooler untuk diturunkan temperaturnya, baru kemudian masuk kedalam ruang bakar. Udara dingin dengan densitas lebih tinggi akan meningkatkan efisensi pembakaran dan mengurangi kadar NOx. Quote:
Oxydation Catalyst Alat ini berfungsi mereduksi jumlah PM yang keluar dari silinder dengan merubah zat beracun menjadi zat tidak beracun dengan mengubahnya secara kimia oleh katalis yang terinstall dalam knalpot sebelum dibuang / dilepas ke udara. Quote:
|
0 komentar:
Post a Comment