PROFIL SBI

Jl. Raya Cimerang No. 24, Desa Cimerang - Padalarang - Bandung Barat - Indonesia. YAYASAN PENDIDIKAN MANAJEMEN INSIDI (Ypemain) >>Notaris : R. Sabar Partakoesoema, SH., MH. No. 17,- tanggal 15 Juli 2007-No.rek.Bank BRI :3682-01-001874-53-0, a.n. Iwanudin, ST., S.Pd. Cs : DIWAN - e-mail = bundaliainsidi@gmail.com by diwan masagi. JADWAL LES/PRIVAT/PELATIHAN/BIMBINGAN : BANDUNG (KAMIS - SABTU) DAN SUKABUMI (Minggu - Rabu) telp. 082121400809
LCD Text Generator at TextSpace.net

Monday, January 2, 2012

Filled Under:
,

Aliran kebatinan



Kata kebatinan diambil dari kata bahasa Arab bathana, yang artinya batin atau dalam atau bagian dalam, yaitu lawan kata luar, atau bagian luar.
Kata tersebut dipinjam oleh sebuah aliran yang menamakan dirinya Bathiniyah atau aliran kebatinan. Karena dalam melaksanakan ritual keagamaan hanya cukup di batin saja, atau cukup eling (ingat) saja tanpa gerakan tertentu.

Bila ditinjau dari berbagai aspek baik kitab sucinya, ajarannya, cara ibadahnya, kepercayaan, dan lain-lainnya, maka tampak jelas bahwa aliran kebatinan atau yang lebih dikenal kejawen atau islam abangan, bukanlah suatu agama dan bukan pula bagian dari agama Islam. Hanya saja namanya yang mendompleng kata-kata Islam. Dimana mereka menyebutnya dengan sebutan Islam abangan, Islam kejawen, Islam kebatinan, Islam murni, Islam Hak, Islam kuring (Sunda), dan lain-lainnya, yang pada umumnya dengan embel-embel islam. Namun justru ajarannya memojokkan Islam.


Aliran kebatinan tidak lebih hanyalah merupakan paguyuban atau organisasi yang terdiri atas beberapa manusia yang mengadopsi suatu kepercayaan yang bersifat ruhaniah dan meditasisme yang berujung untuk mendapatkan suatu ketenangan jiwa atau ketenangan batin, dari hasil embrio asimilasi akhlak berbagai ajaran agama, seperti Islam, Hindu, dan Budha.


Jenis aliran kebatinan ini dikenal dengan sebutan aliran kepercayaan. Di masa sebelum perang kemerdekaan RI, jumlahnya sangat sedikit, namun mulai membengkak jumlahnya setelah Indonesia merdeka yaitu antara tahun 1950-1975M.


Menurut catatan resmi dari PAKEM (Pengawas Aliran Kebatinan Masyarakat), di Jawa Tengah saja terdapat kurang lebih 103 aliran kebatinan yang terdaftar, sedangkan yang tidak terdaftar jumlahnya juga cukup banyak. Di Sumatra Timur, jumlah aliran kebatinan ini tidak kurang dari 96 macam. Nama aliran inipun beebeda-beda, seperti: Ngelmu Sejati, Islam Murni, Islam Hak, Islam Kejawen, Agama Kuring, dll.


Sumber: Mengenal Aliran-Aliran Islam dan Ciri-Ciri Ajarannya, Drs. Muhammad Sufyan Raji Abdullah, Lc
dan  kaskus.us/showthread.php?t=6772793


(Buku Mengenal Aliran-Aliran Islam dan Ciri-Ciri Ajarannya oleh Drs. Muhammad Sufyan Raji Abdullah, Lc telah diterbitkan oleh penerbit LPPI Riyadhus Shalihin, Jln. Curug Cempaka Blok III, No. 97, Jatiwaringin, Pondok Gede, Telp. (021) 8618791, Jakarta)





0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...