HENDRICUS SNEEVLIET

Home » » HENDRICUS SNEEVLIET

Kontribusi Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet dalarn komunisme tak tanggung-tanggung. Ia mernbangun jaringan kekuatan buruh di tingkat nasional bahkan sampai ke Indonesia, yang dulu dikenaI sebagai Hindia Belanda. Oi Belanda, Sneevliet tercatat sebagai pemimpin Persatuan Buruh Kereta dan Trem di Belanda. Ia pun aktif di Sociaal Oemocratische Arbeiders Partij (SDAP). Perselisihannya dengan pemimpin SDAP, rnendorongnya untuk rnencari "lahan" baru. Pilihannya adalah merintis jalan komunisme ke Indonesia yang rnasih "hijau".


Politisi kelahiran Rotterdam, 13 Mei 1883, ini datang ke ke Hindia Belanda pada 1912. Sejak itu ia memulai misinya untuk membentuk imperium komunis yang Iebih solid di negeri ini. Meski sempat bekerja di koran Soerabajaasch Handelsblad, Sneevliet rajin mencari simpatisan. Jalan aspirasinya mulai terbuka saat ia pindah ke Semarang dan bergabung dengan Vereniging van Spoor en Tramweg Personeel (VSTP). Serikat buruh kereta dan trem yang termasuk paling tua di Indonesia. Sejak itu sepak terjang Sneevliet tak terbendung.

Organisasi komunisnya mulai terbentuk pada 9 Mei 1914. Oi Semarang berdirilah Indische Sociaal Democratische Vereniging (ISOV) yang dirintisnya bersarna B.J.A. Brandsteder, H.W. Dekker, P. Bergsma, dan Semaul1. Jalan yang mereka rintis tidak mudah.

Saat itu komunisme tidak terlalu mendapatkan perhatian di kalangan masyarakat yang sedang hangat-hangatnya berpolitik dalam pergerakan nasional. ISOV belum punya banyak massa. Karena itu mereka menyusup ke Sarekat Islam (SI). SI pun terpecah ke dalam dua kubu. Mereka yang terpengaruh komunis membentuk SI Merah, sedangkan yang setia dengan garis Islam bergabung dalam SI Putih. SI Merah lalu berganti nama menjadi Sarekat Islam dan melebur dalam ISOV yang telah berganti nama jadi Indische Communistische Partij atau Partai Komunis Hindia (PKH), pada 23 Mei 1920. Ketuanya adalah Semaun.

Dalam Kongres Juni 1924, nama PKH diubah menjadi PKI (Partai Komunis Indonesia). Dan tercapailah
cita-cita Sneevliet merintis jalan komunisme ke Indonesia. Nama Sneevliet tenggelam seiring kebijakan pemerintah kolonial yang semakin represif setelah pemberontakan yang gagal di tahun 1926.

http://beranimimpi.blogspot.co.id/2013/06/hendricus-sneevliet-pelopor-komunisme.html
.
Share this article :