Persoalan las LAKONI 900

Home » » Persoalan las LAKONI 900

pertanyaan :

mohon bantuannya para master....saya punya masalah dgn inventer las merk lakoni 900w,
tegangan input ada tp outputnya 0v,gmn langkah pengerjaannya?mohon pencerahannya?

JAWAB :

Postby Sis Supanto

Kang y2k selamat pagi; langsung ke pembicaraan .

1.pastikan acmatic untuk suplay driver bekerja baik {hidup}24Vdc
2.Ukur tegangan pada skunder travo input{pembagi fasa} jangkah 50Vac normal akan terbaca 20v atau lebih.
3.Bagin power .Pastikan tr fet bagus ,degancara matikan arus ukur dengancara penhitam ke tengah tr merah ke kanan {source}dengan jangkah R10,jika tidak menunjukan angka bagus.Semua tr dicek.Selamat mencoba mudah2an berhasil. Taklupa jika nemu koleksi tr fet bagi dong!
!! Smile
2. Pertanyaan
mohon bantuannya mas sis supanto... saya punya mesin las merek LAKONI 900w, untuk out kurang tegangannya, sampai2 dari kawat las percikan apinya tidak kuat alias melemah... terima kasih.
 Jawab :


Post by Sis Supanto
.Kang Epi salam kenal.langsung kepermasalahan .cek tegangan acmatik untuk driver harus stabil yakni 24vdc ,kemudian tegangan ouput untuk las 50-60vdc,jika sudah cobalagi.bila tetap kurang besar berarti ada komponen yang lemah.ada langkah selanjutnya tetapi bagaimana hasil pengukuran diatas juga saya tunggu untuk langkah selanjutnya.terimakasih.

3. Pertanyaan
mas sis supanto.... salam kenal jg.... Very Happy tampak nya pertama kita start... tegangannya normal... setelah las nya dilanjutkan terus tegangan nya melemah.... sedangkan kontrol yg mempergunakan potensio tidak berfungsi... rangkaian apa yah yg rusak...? Mad terimakasih
JAWAB :


Post by Sis Supanto
untuk mengetahui lebih lanjut ukur dulu output acmatik untuk suplay driver harus 24v karena ngedrop 1v timbul masalah.Indikator protek tidak nyala berarti rangkaian power output/dioda dan tr bagus.yang pernah saya alami seperti itu kerusakan ada pada bagian feedback dari out ke driver.Dengan melepas kabel relay dan kabel fedback coba dengan hati-hati nyalakan ada perbedaan apa tidak.ini di coba hanya sebentar saja.Potensio tidak berfungsi karena drivernya tidak bekerja.Intinya ukur dulu acmatik output 24v,maaf saya tidak tahu anda pengguna lass (tukang las/service las) harap maklum terimakasih.

4. Pertanyaan
tegangan yg di out driver 24v normal... apa betul driver nya mempergunakan TR TOP 224... Rolling Eyes terima



Post by Sis Supanto
Mungkin relay tidak bekerja .harus ada bunyi klik sesaat dihidupkan atau sudah aus (tidak nyambung)
 mas sis supanto... tampaknya kerusakan terjadi di rangkaian driver..... di situ ada komponen solderannya retak di kaki dioda ziner.... terimakasih atas informasinya salam kompak selalu... salam utk keluarga semoga sukses se
sumber : forum.electronicglobal.com
Kembali Ke Atas
Kembali Ke Atas
Kembali Ke Atas
.
Share this article :