Pengertian Field, Record, Table, File, Data, Basis Data Lengkap, Grafik, dan Bagan

Home » » Pengertian Field, Record, Table, File, Data, Basis Data Lengkap, Grafik, dan Bagan

Tabel 
  • adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi/fakta yang biasanya berupa kata-kata/nama maupun bilangan yang tersusun dengan urutan kolom dan baris.. 
  • adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah  dan informasi. 
  • merupakan alat bantu visual, di samping  grafik dan peta.
       Fungsi Tabel untuk mendukung penulis menyampaikan ide atau gagasan sehingga dapat memengaruhi dan meyakinkan pembaca.
bagan adalah gambaran/sketsa buram untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data maupun informasi yang ingin disampaikan direalisasikan melalui  gambar. Bagan ada yang berbentuk diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: lingkaran, garis, pohon, dan batang. 

grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan.
2. Menemukan Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan
Setelah mengetahui pengertian grafik, tabel, dan bagan beserta dengan contoh-contohnya, pada pelajaran ini kamu akan diajarkan cara mencari informasi di dalamnya. Mencari informasi dalam grafik, tabel, dan bagan dapat menggunakan beberapa tahap, yaitu sebagai berikut.
a. Bacalah judul grafik, tabel, dan bagan.
b. Perhatikan keterangan yang terdapat dalam gambar tersebut.
c. Perhatikan setiap perbedaan dari masing-masing gambar.
d. Ajukan pertanyaan dan temukan jawabannya.
3. Mengubah Informasi dalam Grafik, Tabel, dan Bagan Menjadi Beberapa Kalimat
Sekarang kamu telah mengetahui cara mencari informasi dalam sebuah grafik, tabel, dan bagan. Namun, bagaimana menuangkannya dalam bentuk uraian kalimat? Hal ini mengingat bahwa informasi dalam bentuk grafik tabel, dan bagan masih menyulitkan orang lain mengetahui informasi di dalamnya
Mengubah informasi dari sebuah grafik, tabel, dan bagan ke dalam beberapa kalimat bertujuan membantu pembaca memahami isinya. Kegiatan menguraikan grafik, tabel, dan bagan ke dalam kalimat berarti menerjemahkan gambar menjadi wacana, sehingga akan lebih dipahami.
Kerjakan latihan berikut ini!
  1. Baca dan pahami tabel, grafik, dan bagan di atas!
  2. Coba kamu temukan informasi dari ketiganya dengan membuat beberapa daftar pertanyaan dan jawabannya!
  3. Susun informasi menjadi bentuk uraian dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami

PERBEDAAN DAN KARAKTERISTIK ANTARA GRAFIK 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI
Pengertian Grafik adalah merupakan visualisasi tabel. Tabel yang disajikan berupa angka-angka dapat disajikan/ ditampilkan ke dalam bentuk gambar.

Jenis grafik, ada beberapa macam grafik diantaranya adalah
  1. Grafik batang (histogram) dipakai untuk menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Contohnya grafik Penyesuaian barang.
  2. Grafik garis dipakai untuk menggambarkan perkembangan/ perubahan dari waktu ke waktu. Contohnya grafik Pertumbuhan badan.

Sedangkan Grafik Komputer merupakan cabang ilmu dari komputer untuk membuat da memanipulasi gambar secara digital. Bentuk dasar dari grafik komputer adalah
  1. Grafik 2 dimensi
  2. Grafik 3 dimensi

Banyak dijumpai bentuk visualisasi seperti pemain sepak bola, artis, penyanyi, dll. Yang merupakan hasil dari pemrosesan citra dan pengolahan pola hingga membentuk visualisasi tersebut yang tentu memakan proses yang sangat sulit.

Bagian dari grafik komputer :
1. Geometri adalah mempelajari cara menggambar permukaan bidang.
2. Animasi adalah mempelajari cara memanipulasi dan menggambar gerakan.
3. Rendering adalah mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
4. Pengolahan citra adalah mempelajari cara pengambilan dan penyutingan gambar.

Tipe – tipe grafik komputer ada 2, yaitu grafik vektor dan grafik bitmap.
1. Grafik vektor adalah grafik yang berbasis besaran dan arah.
2. Grafik bitmap adalah grafik yang berbasis garis dan kurva.

Ciri – ciri grafik vektor dan grafik bitmap.
  1. Grafik vektor : terdiri dari kurva dan garis, resolusi independent, ruang penyimpanan kecil, gambar dan warna sederhana.
  2. Grafik bitmap : terdiri dari kumpulan pixel dan warna tertentu, resolusi dependent, ruang penyimpanan besar, gambar dan warna yang dihasilkan bagus.
Perbedaan dan karakteristik 2D vs 3D:

2 Dimensi :
1. Tampilan hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
2. Hanya memiliki koordinat X,Y
3. Hanya memiliki panjang dan lebar.
4. Frame layar terbatas
5. Tidak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan hanya menggunakan dasar warna.

3 Dimensi :
1. Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
2. Memiliki koordinat X,Y,Z
3. Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
4. Frame layar lebih luas.
5. Banyak menggunakan efek cahaya.
6. Pewarnaan dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.


Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu table untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat berkumpul.

Pengertian Field dan Record


Data adalah kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, misalnya seperti manusia, barang dan sebagainya yang direkam ke dalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, bunyi, gambar ataupun kombinasinya. Jadi dapat disimpulkan basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah disimpan, dimanipulasi, dan dipanggil oleh pemakainya. Dan Karakter atau character adalah merupakan suatu bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data atau field.

Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Baris dan kolom ini berfungsi untuk menunjukkan data terkait keduanya. Dimana titik temu antara baris dan kolom adalah data yang dimaksud.

Grafik adalah gambaran dinamika data yang ada (bisa naik, turun, atau naik turun. Awal yang harus kita lakukan dalam membaca data pada grafik adalah dengan melihat judul grafik kemudian baru melihat data yang ada. Ada banyak macam grafik diantaranya adalah grafik batang dan grafik garis.
Diagram adalah gambaran tentang suatu data yang lebih memntingkan hasil penelitian. Biasanya diagram diurutkan dari data sedikit ke banyak atau sebaliknya. Berbeda dengan grafik yang lebih mementingkan dinamika pada data yang disajikan. Diagram ini dapat berupa diagram lingkaran ataupun diagram batang.

Data yang disajikan di dalam tabel, grafik dan diagram ini dapat kita sajikan atau kita rubah ke dalam bentuk kalimat atau paragraf dengan memperhatikan data yang ada. Berikut ini langkah-langkah untuk membaca tabel, grafik, dan diagram.


1.Tabel:
Tabel adalah, daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data-data informasi yang biasanya berupa kata-kata maupun bilangan yang tersusun dengan garis pembatas sebagai kolom-kolom.
Contoh gambar Tabel:


2.Diagram:
Diagram adalah, gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu. Data atau informasi yang disampaikan direalisasikan melalui sebuah gambar. Diagram mempunyai bentuk yang beragam, antara lain: diagram lingkaran, garis, pohon, dan batang.
Contoh gambar Diagram:
 -Diagram Lingkaran:
 -Diagram Garis:
 -Diagram Pohon:
 -Diagram Batang:

3.Grafik
Grafik adalah, lukisan dengan gambar atau garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan dalam sebuah perusahaan, DLL.
Contoh Gambar Grafik:
sumber : andraorahmin.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-tabel-grafik-dan-bagan.html, facebook.com/www.bahasaku.co.id/posts/169038999951621, http://jujuninior.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-tabel-diagram-dan-grafik.html
.
Share this article :