PULAU RONDO, PULAU BERBATASAN YANG TIDAK BERPENGHUNI

Home » , » PULAU RONDO, PULAU BERBATASAN YANG TIDAK BERPENGHUNI




Pulau   terbarat di Indonesia? Pulau ini namanya pulau Rondo.Memang nama pulau ini kurang familiar, karena memang tidak banyak dipublikasikan maupun diketahui banyak orang. 

Walaupun pulau ini jaraknya hanya beberapa mil dari pulau Weh, yang ibukotanya Sabang.

Kalau nama Sabang sendiri mungkin sangat akrab, karena Pulau Sabang selain dikenal sebagai kota Titik Nol, juga sering dikaitkan sebagai lagu kebangsaan yang berjudul dari Sabang sampai Merauke
Lagu ciptaan R Suhardjo memang menceritakan betapa besarnya dan luasnya Indonesia. 


Meskipun terdiri dari banyak pulau namun tetap bersatu.  Pulau Rondo luasnya hanya sekitar 4 km persegi, memiliki pantai yang curam serta pembentuk pantai berupa batu dan karang.

Tapi di beberapa bagian pulau ini ada pantai yang landai.Karena sekelilingnya didominasi batu karang, menyulitkan kapal atau perahu untuk berlabuh. 

Selain itu kawasan Pulau Rondo ini termasuk pertemuan arus laut , maka Pulau yang mempunyai keliling 2,5 kilometer ini tak bisa dikunjungi sewaktu-waktu. Akibatnya pulau ini tak berpenghuni.
 

Karena letaknya sangat strategis dan sebagai pulau terluar yang sangat dekat dengan Kepulauan Nikobar, pulau berbatasan milik India, maka dipulau ini dibangun mercusuar dan dijaga oleh puluhan TNI Angkatan Laut.
Burung dan fauna lainnya

Karena tidak berpenghuni, pulau ini banyak dihuni pelbagai burung mulai dari burung gagak, camat dan burung-buruing lainnya. 


Bahkan dalam beberapa waktu tertentu ada biawak dan ular melintas bagian tepi pulau ini. Kalaupun ada yang tinggal di pualu ini hanyalah sebagai tempat singgah, karena perubagan cuaca. 

Dan konon kabarnya, karena tidak berpenghuni, bangunan tanda titik nol dipindahkan ke Pulau Weh, dan letaknya hanya satu jam dari Sabang, ibukota pulau Weh,
Bagaimanapun bentuknya, pulau terluar seperti Pulau Rondo harus dijaga agar tidak terlepas dari Indonesia.
(Daripelbagai sumber)
dan  duniajalanjalan.com
.
Share this article :