Istilah Sunda

Home » » Istilah Sunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia

Kata Sunda bisa mengandung berbagai arti yang secara umum berkaitan dengan suku Sunda di bagian barat Nusantara

Catatan sejarah tertua yang sudah ditemukan mengandung kata "Sunda" adalah prasasti Kebonkopi yang dibuat tahun 458 Saka (536 M, namun ada pula yang berpendapat bahwa prasasti ini dibuat tahun 854 Saka, 932 M) yang menunjuk pada kerajaan Sunda.

Sunda (kommuna)

 
Sunda ialah sebuah kotamadya gabungan yang melintasi sepanjang daerah luas di Pulau Streymoy dan Eysturoy di Kepulauan Faroe. Sunda dibentuk oleh bekas kotamadya Hósvíkar, Hvalvíkar, Saksunar, Haldarsvíkar, Sunda dan Gjáar. Terdapat beberapa desa di Sunda: Hósvík, Streymnes, Hvalvík, Saksun, Langasandur, Haldórsvík, Tjørnuvík, Oyri, Oyrarbakki, Norðskála dan Gjógv.

Awalnya Sunda adalah kerja sama yang gagal antara kotamadya-kotamadya yang kecil, namun sejak tahun 2005 kotamadya-kotamadya itu setuju bergabung.

Daftar isi

Etimologi

Kata ini kemungkinan berasal dari bahasa Sanskerta yang bisa berarti 'cahaya' atau 'air'. Dalam naskah historis lainnya menyebutkan Sunda merujuk pada ibukota Kerajaan Tarumanagara yang bernama Sundapura. 

Sehingga masyarakat yang menghuni wilayah tersebut dikenal sebagai orang Sunda yang disebut hingga kini. Kerajaan Tarumanagara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang terbukti dengan bukti prasasti dan berita naskah kuno di negeri Tiongkok. 

Letak tepat kota Sundapura masih menjadi penelitian para ahli, apakah di Jakarta, Bekasi atau Karawang sekarang. Hanya di Karawang terdapat situs percandian Batujaya seluas 5 km persegi yang menunjukkan tumbuh kembangnya kebudayaan sejak abad 2 Masehi hingga abad 12 Masehi.

Lihat pula

Sunda dapat mengacu kepada beberapa hal berikut:

Nama tempat di Indonesia

Istilah-istilah dalam bidang geografi/geologi yang menggunakan kata "Sunda" diperkenalkan oleh pendatang/penjelajah Barat dari Eropa, di antaranya,

Kegunaan lain

Pranala luar

Lihat pula

.
Share this article :